Senin, 19 Juli 2010

The 'White Witch' of Rose Hall Great House: Annie Palmer

 
The Great House of Rose Hall, Montego Bay, Jamaica.

Jika kalian mempunyai kesempatan jalan-jalan ke Jamaika,jangan lupa untuk mengunjungi  tempat ini.Hmm,tapi sulitkah mencari tempat ini?Jawabannya...tentu saja tidak sulit.Kalian hanya perlu menyebutkan namanya saja "Rose Hall" maka kalian pun akan diantar sampai pintu gerbang serta ditemani oleh tour guide.
Lantas,apa yang menarik dari tempat ini?Yang menarik adalah bahwa tempat ini.....Eits sebentar! Sebelum kita masuk ke topik cerita sebaiknya saya mendeskripsikan dulu mengenai tempat ini sedikit.

Rose Hall, bangunan putih besar yang terletak di lereng bukit st.James,yang sangat terkenal di Jamaika ini di disebut juga sebagai calendar house,karena rumah ini mempunyai 365 jendela,52 pintu, dan 12 kamar tidur.Dibangun pada tahun 1700 untuk sang pemilik perkebunan gula kaya raya bernama John Palmer dengan lahan seluas 6.600 hektar..


Ha! luas sekali! Yap,tapi bukan itu saja yang membuatnya patut dikunjungi tapi ada sesuatu selain penampilan fisiknya,yakni cerita mengenai Annie Palmer yang sudah melegenda di tempat itu berabad-abad..

Let's see the story...

Konon,Annie Mary Peterson merupakan campuran keturunan Inggris dan Irlandia.Orang-orang mengatakan dia bertubuh agak pendek sekitar 4' 11" [tidak sampai 5 kaki] dan berambut hitam.Beberapa mengatakan dia cukup cantik. Orangtua Annie pindah ke Haiti dan bekerja sebagai misionaris disana ketika Annie berumur 10 tahun.Dan tak lama kemudian orangtua Annie pun meninggal.Ia lalu diadopsi oleh pengasuhnya,seorang warga Haiti yang kabarnya merupakan ratu voodoo.

Annie sangat ingin belajar ilmu itu,dan ia mulai menyukai kemampuan magis yang dapat ia hasilkan.Lambat laun,Annie semakin pandai mengontrol kemampuannya berkat latihan-latihan yang ia jalani.

Hingga pada tahun 1820,saat usianya 17 tahun,Annie akhirnya menikah dengan John Palmer,sang pemilik perkebunan gula kaya raya.Ia lalu pindah bersama suaminya ke Jamaika,dan tinggal di Rose Hall.

Tapi sayangnya Annie bukan tipe wanita yang cepat puas,ia selalu menginginkan lebih.Meski sudah memiliki suami kaya raya yang mewarisi lahan-lahan luas perkebunan gula dan mempunyai lebih dari 2.000 budak,Annie tetap tidak merasa puas.

Rumor pun beredar,Annie terlibat perselingkuhan dengan para budaknya,terkadang  ia meminta mereka untuk datang ke kamarnya melalui lorong-lorong rahasia.Dan apabila Annie merasa tidak puas/sudah bosan mereka semua akan dibunuh dan dikubur tanpa batu nisan.Kabar ini akhirnya sampai ke telinga sang suami,sehingga membuatnya kedua pasangan itu bertengkar hebat setiap hari.

Annie pun mulai ditakuti oleh para budak-budaknya karena dalam bayangan mata mereka Annie merupakan nyonya besar mengerikan yang tidak segan-segan untuk menyiksa ataupun ragu-ragu untuk membunuh siapa saja yang tidak mengikuti keinginannya dan membuatnya tidak senang.
 
Terlebih sekarang ia adalah penguasa tunggal Rose Hall beserta isinya karena John Palmer suaminya kini sudah meninggal.Diduga karena telah diracuni oleh istrinya sendiri,Annie Palmer.

Selain John Palmer,Annie juga menikahi dua pria lain dan dua-duanya juga telah dihabisi oleh Annie.

White Witch 

Para budak benar-benar sangat menderita.Apalagi kini sudah mulai diberlakukan jam malam.Konon,siapapun yang masih berkeliaran di luar pada malam hari pasti akan bertemu dengan Annie yang hobi melintasi perkebunan dengan kereta kudanya.

Budak-budak yang Annie anggap salah,akan disiksa dengan berbagai cara,dan kelihatannya Annie sangat menikmati penderitaan budak itu.Ia biasanya selalu mengamati para budak yang dihukum dari teras kecil di lantai dua di bagian belakang rumahnya.Terkadang ada juga yang dieksekusi mati dan Annie akan menggunakan sisa tulang-belulang mereka untuk ilmu voodoo hitamnya.



Menurut penuturan penduduk Jamaika, terkadang Annie menggunakan voodoo-nya untuk memberikan peringatan kepada para budak dengan berubah wujud(entah itu dalam bentuk hewan/bentuk makhluk mengerikan yang lainnya) saat mereka sedang berkonspirasi untuk melawan Annie.Sebab mereka selalu melihat Annie sebelum/sesudah penampakan itu terjadi.Dan akhirnya Annie pun dijuluki sebagai White Witch.

The Witch is Dead

Annie memang menguasai ilmu voodoo,dan itu benar-benar sangat membantunya untuk melindungi&mempertahankan kekuasaan yang dimiliki Annie sekarang.Tapi tidak berarti hanya dia yang menguasainya.Seperti kata pepatah "di atas langit masih ada langit".Kali ini Annie benar-benar membuat kesalahan dengan membuat pengguna voodoo lain marah...

Pengawas yang biasa mengawasi perkebunan gula Annie (atau yang kita sebut mandor) sebenarnya adalah seorang praktisi voodoo yang cukup hebat, tetapi berbeda dengan Annie yang menggunakan  voodoo hitam, pengawas Annie  hanya menggunakan voodoo putih.Beruntung selama ini ia berhasil menyembunyikannya .

Sang mandor mempunyai seorang putri dan telah ditunangkan dengan salah satu budak laki-laki yang cukup tampan di perkebunan gula itu.Sayangnya ketampanan budak itu juga tidak luput dari mata Annie.Ia lalu mengundang pemuda itu ke kamar.Sang mandor tahu pasti akan terjadi hal seperti ini dan ia berencana untuk melindungi calon menantunya dari kebijakan 'Kekasih sekali pakai' nyonya besarnya.

Namun, kali ini Annie tidak menjalani polanya seperti biasa dan ia membunuh pemuda itu malam itu juga,bukannya bermain dengannya selama seminggu/lebih.Semuanya diluar perkiraan sang mandor.Apa mungkin karena pemuda itu menolak memberikan cintanya kepada Annie? Tapi apapun alasannya,pemuda itu sudah mati.Anak gadisnya kini dilanda duka yang sangat dalam.Hati sang ayah dipenuhi amarah tak berdaya.Ia bersumpah bahwa Annie harus mati bagaimanapun caranya.

Sebuah makam khusus untuk Annie telah disiapkan sang mandor di halaman belakang Rose Hall.Sang mandor akhirnya berhasil membunuh Annie walaupun nyawanya sendiri ikut melayang.

Setelah kematian Annie,para budak lalu membakar beberapa barang milik Annie,terutama gambar fotonya.Mereka berhati-hati agar tidak membakar semuanya dan tidak menghancurkan seluruh rumah karena mereka khawatir roh Annie akan mengutuk mereka.





Sebelum meninggal, pengawas tersebut telah melakukan upacara ritual voodoo di makam supaya saat Annie dimasukkan kesana,arwah Annie tidak bisa keluar lagi.Namun, sepertinya upacara itu kurang sukses,sebab sampai sekarang orang-orang masih suka melihat arwah Annie berjalan-jalan di dalam rumah dan di perkebunan..

Nah,bagaimana menurut kalian,apakah hantu penyihir Annie benar-benar ada? ataukah itu cuma cerita omong kosong belaka? karena selama saya mencari cerita ini di internet ada banyak versi berbeda,entah mana yang paling benar.Tapi yang jelas,menurut para pengunjung, mereka sering melihat hal yang aneh-aneh,terutama di foto-foto sering dikatakan berkabut/semacamnya..

Jika ingin mengecek foto-foto ruangannya,silahkan lihat disini

Sumber: scaryplace.com, gonomad.com, intisari

4 komentar:

  1. Wah arwah annie bisa saja masih penasaran dan masih bergentayangan, cuz orang-orang seperti annie yang selama hidupnya mendzolimi orang-orang yang tak berdosa akan mati tidak tenang dan arwahnya tidak dapat mencapai tempat yang semestinya..jadi gentayangan deh.. susah juga comment tentang misteri apalagi dari luar negeri, hehehe

    BalasHapus
  2. orang kalau sudah berkuasa bisa berbuat apa aja ya,,hihihi

    BalasHapus
  3. serem amat ceritanya, hahaha :P tp mayanlah untuk baca2, tambah informasi menarik jg nih .. ;D

    BalasHapus
  4. Sadis banget sich,Annie. Tapi kalo gk punya ilmu voodoo mungkin dya gk bakal kya gtu ya? Kasian bgt cwe yg tunangannya dibunuh ma Annie.

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca postingan diatas.Mohon komentarnya disini.Saya akan sangat menghargainya.