Selasa, 06 Juli 2010

Okiku Doll: Rambutnya Memanjang

Kalian tau boneka Chucky?(haha saya rasa tidak perlu ditanya,semua pasti sudah tahu),tapi maaf kali ini bukan Chucky dari barat yang akan dibahas melainkan sebuah boneka legendaris dari Jepang yang terkenal akan rambutnya yang bisa memanjang sendiri,yang  kita kenal sebagai boneka Okiku.


Berawal pada 15 Agustus 1918,seorang anak muda berusia 17 tahun yang bernama Eikichi Suzuki membeli sebuah boneka tradisional setinggi 40cm(16 in) yang berbalut kimono dengan mata yang hitam seperti manik-manik dan mempunyai rambut hitam lebat untuk adiknya yang berumur 2 tahun,Kikuko Suzuki,dalam sebuah Taisho Expo yang berlokasi di Sapporo.

Kikuko benar-benar menyukai boneka itu.Setiap hari ia selalu bermain dengan boneka kesayangannya itu, serta sangat rajin menyisir rambutnya.Tetapi saat Kikuko berumur 3 tahun ia terkena demam yang sangat tinggi dan akhirnya meninggal pada tanggal 24 Januari 1919.

Pada hari upacara pemakamannya,keluarganya ingin menguburkan boneka kesayangannya itu bersama dengan Kikuko,tapi entah kenapa mereka lupa.Keluarga Kikuko pun menaruh boneka itu di Butsudan (altar) rumahnya dan berdoa setiap hari dalam rangka memperingati Kikuko.

Pada tanggal 16 Agustus 1938 sebelum keluarga Kikuko pindah ke Sakhalin, mereka meminta pengurus kuil Buddha Mannen-ji di prefektur Hokkaido untuk menjaga boneka Kikuko itu.

Setelah perang berakhir,keluarga Kikuko kembali ke kuil untuk berziarah.Dan mereka mulai menyadari bahwa rambut boneka itu telah menjadi lebih panjang hingga mencapai lutut.Padahal sebelum terakhir ditinggal rambut boneka itu sangat pendek(seperti model bob).

Akhirnya keluarga Kikuko meminta sang pengurus untuk mendoakan jiwa boneka itu.Dan boneka itu pun diberi nama Okiku (Kiku kecil).

Dan inilah kutipan ucapan orang-orang yang pernah melihat boneka Okiku:

"Tunggu sebentar...rambut boneka ini tambah panjang."

"Jangan konyol,mana mungkin rambut boneka bisa tambah panjang"

"Tidak,rambutnya benar-benar bertambah panjang"

"Itu hanya imajinasimu saja"

"Tidak,itu benar-benar...."

Orang-orang yang pernah menyaksikan tidak tahu harus berkata apa,beberapa dari mereka bahkan menolak untuk percaya dan mencoba mencari jawaban yang lebih logis.Tapi mereka tidak bisa.Akhirnya mereka memutuskan untuk memotong rambut Okiku menjadi pendek kembali.Semua orang menyaksikannya.

Lalu beberapa hari kemudian..

"Tunggu sebentar..rambut boneka itu bertambah panjang lagi!"

Sejak hari itu,kuil Mannen-ji mengadakan upacara pemotongan rambut untuk Okiku setiap tanggal 21 pada bulan-bulan tertentu.Dan upacara itu masih berlangsung hingga kini. Bahkan para pengunjung yang datang untuk berziarah sering melihat mata boneka Okiku itu berkedip.

Keanehan lainnya yang terjadi yaitu sejak perang dunia II,mulut boneka ini dikabarkan membuka sedikit demi sedikit seperti ingin tersenyum.(seram juga ya)



Fakta: Setelah diteliti ahli forensik,rambut boneka Okiku ternyata benar-benar rambut asli! bukan rambut buatan yang biasanya dipakai untuk boneka.(nah lho)


Note: Beberapa website yang menampilkan cerita ini menyebutkan bahwa nama gadis kecil itu adalah Okiku tapi setelah saya mencari lagi tampaknya yang benar adalah Kikuko setelah dilihat asal usul nama Okiku yang artinya "Kiku kecil".

13 komentar:

  1. Waahh....bener kayaknya ya kak....

    BalasHapus
  2. @annisa: sepertinya benar,mana mungkin pendeta itu berbohong dengan melakukan upacara ritual potong rambut boneka selama bertahun-tahun.[rencana mau cari gambar pas ritualnya,tapi gak dapat-dapat]

    @anime: haha menurut saya tidak bgtu seram,mgkn karena kamu bacanya malam2 jam 11 lewat.

    BalasHapus
  3. wuaaaah baguusss XD
    keren
    keren
    keren
    keren
    keren
    *dibunuh*

    wew asik ya jepang punya banyak cermis XD jadi pengen kesana nih~

    tapi bener juga kalo baca pagi-pagi gak serem =3

    BalasHapus
  4. @amalia: haha,tadinya mau posting sadako tapi udah ada trnyata di tetangga.gak jadi dah.nanti habis ini mau posting cerita urband legendnya smith sisters.tunggu ya.

    BalasHapus
  5. hya... seram.... jadi takut kalo liat boneka di rumah... hihihi....

    BalasHapus
  6. wah, bukan lucu mah boneka kaya gini, sereeemm haha x)

    BalasHapus
  7. keeerrreen !!! boneka nya langka bgt..

    BalasHapus
  8. awalnya ga percaya, tapi sereem juga liatnya

    BalasHapus
  9. permisi kak, ada gak ya yang jual boneka yang sejenis. maksudnya boneka mengenakan kimono dengan rambut panjang kayak okiku.

    BalasHapus
  10. duhhh...... jadi merinding nih serem........... pengen jadinya nih

    BalasHapus
  11. Mengerikan, tapi semua ini karena kuasa Tuhan :)

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca postingan diatas.Mohon komentarnya disini.Saya akan sangat menghargainya.