Rabu, 09 Juni 2010

The Secret Garden


Secret Garden karya Frances Hodgson Burnet menjadi salah satu jajaran novel yang masuk dalam kategori  favorit saya. Karakter utama dalam novel ini adalah Mary Lennox,seorang gadis kecil berumur 10 tahun yang manja, egois, dan pemarah yang terlahir dari orangtua berkebangsaan Inggris kaya raya dan tinggal di India. 

Seumur hidupnya Mary hanya dilayani para pembantu.Ia besar tanpa kasih sayang orang tua.Ibu Mary adalah sosok ibu yang tidak menginginkan kelahiran putrinya karena Mary adalah anak perempuan bukan laki-laki . Jadi Mary selalu bergantung kepada ayah-nya [ayah disini adalah sebutan untuk pengasuh anak di Asia Timur & India]yang siap menuruti semua kemauannya. Dan itulah yang menyebabkannya tumbuh menjadi gadis kecil yang sangat menyebalkan[karena sikapnya yang tidak sopan, angkuh, manja,egois, kasar, penyuruh,dan pemarah]. 

Tapi semua kehidupan yang dijalaninya di India tidak berlangsung lama,karena saat itu wabah kolera sedang menyebar di negara tersebut.Semua orang panik dan pergi mengungsi termasuk para pembantu-pembantu Mary. Ayah dan ibu Mary juga dikabarkan telah meninggal dalam musibah itu sehingga membuat Mary Lennox harus menjadi anak yatim piatu. 

Beruntung seorang kenalan ibunya membantu kepindahan Mary kembali ke Inggris supaya bisa tinggal bersama pamannya Archibald Craven seorang duda yang senang berpergian dan menyendiri. Dengan dijemput Mrs.Medlock,pelayan Tn.Craven,Mary pun dibawa ke sebuah tempat yang bernama Yorkshire. 

Untuk mencapai rumah pamannya terlebih dahulu Mary harus melewati padang Moor.Sebuah padang rumput yang sangat luas.Sejauh mata memandang,yang terlihat hanyalah rumput-rumput liar dan hanya suara angin yang terdengar.Benar-benar tempat yang sangat membosankan terlebih setelah melihat mansion yang sangat besar dan sepi sebagai rumah barunya itu.Mrs.Medlock juga telah memperingatkan Mary supaya tidak berkeliaran sembarangan di dalam rumah sebab ada ruangan-ruangan tertentu yang tidak boleh dimasuki tanpa seijin Tn.Craven. 

Mary yang manja dan tidak bisa apa-apa [sampai pakai baju sendiri juga gak bisa] merasa sedikit kesal karena Mrs.Medlock memberitahu bahwa ia tidak akan dilayani seperti saat bersama ayah-nya di India.Pembantu disini hanya bertugas menyiapkan makanan dan bersih-bersih ruangan.Jadi tidak akan ada pelayan pribadi untuk Mary. 

Kehidupan awal yang dirasakan Mary ditempat ini adalah cuma satu kata "menyebalkan".Hal ini sama sekali berbeda dengan kehidupannya di India yang serba ada.Meski kadang dilayani oleh Martha Sowerby,pelayan yang bertugas membersihkan kamarnya tapi Mary merasa kurang suka karena Martha tidak selalu menuruti keinginannya.Martha juga tipe orang yang sangat cerewet,selalu saja bercerita tentang kehidupannya yang mempunyai adik banyak serta ibunya yang pengertian&baik hati. 

Tapi lama-kelamaan Mary menyukai juga cerita Martha apalagi jika sudah mendengar soal ibunya dan Dickon salah satu adik Martha yang katanya bisa berbicara dengan hewan.Martha juga pernah bercerita kepada Mary tentang "Taman Rahasia" milik mendiang istri Tn.Craven dulu sebelum meninggal.Yang dikunci pintunya oleh Tn.Craven sendiri selama 10 tahun dan belum pernah ada yang bisa masuk karena konon pintunya telah hilang&kuncinya sendiri telah di kubur di suatu tempat. 

Mary yang sangat penasaran dengan isi "Taman Tak Berpintu" itu akhirnya nekad mencarinya sendiri.Dan baru kali itulah Mary merasa sangat bersemangat dan tertarik kepada sesuatu.Berkat kegiatannya itu pula Mary kini telah berubah,baik secara fisik maupun sifatnya.


Akhirnya Mary pun menemukan pintu taman itu! berkat burung Robin yang suka bermain dengannya,Mary juga menemukan kuncinya.Dan kini Mary sedang berusaha keras untuk mengembalikan keindahan taman yang dulu hanya pernah di dengar dari tukang kebun menjadi sebuah kenyataan. 

Dengan ditemani oleh Dickon  yang periang dan juga Collin[sepupu Mary yang sifatnya benar-benar mirip dengan Mary,manja,egois dan pemarah tapi sangat histeris (suka berteriak) karena menganggap dirinya bungkuk dan menyeramkan],berhasilkah mereka bertiga menghidupkan taman itu lagi? Bagaimana reaksi Tn.Craven saat tahu taman mendiang istrinya telah dibuka oleh mereka? Saya rasa kalian sendirilah yang harus membaca kelanjutan kisahnya dalam Secret Garden ini.

Note : Secret Garden merupakan salah satu novel anak terbaik sepanjang masa,telah beberapa kali dicetak ulang dan juga dibuat versi layar lebar, mini seri, drama teater bahkan animasinya. Saya juga ikut mengacungkan jempol terhadap novel ini karena imajinasi pengarangnya yang luar biasa terhadap penggambaran tamannya dan juga hubungan unik di antara 3 orang ini.

Saya sendiri setelah membaca Secret Garden ini jadi ingin punya taman sendiri dan membayangkan betapa indah dan nyamannya hidup bersama alam..

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan diatas.Mohon komentarnya disini.Saya akan sangat menghargainya.