Selasa, 25 Mei 2010

Bahasa Latin

Halo Readers..
Sebagaimana kita tahu Bahasa Latin sudah menjadi bagian dari fenomena bahasa dunia.Istilah-istilah bahasa latin itu sendiri banyak dipakai dalam mata pelajaran sekolah kita seperti IPA yang mencakup nama-nama tumbuhan,hewan dan organ tubuh manusia bahkan dalam lingkungan Vatikan bahasa ini merupakan suatu keharusan yang harus dipelajari oleh kaum Kristiani.
Contoh bahasa Latin yang akrab di telinga kita adalah ora et labora yang artinya berdoa dan bekerjalah, veni,vidi,vici (saya telah datang,saya telah melihat,saya telah menang), dan herbivora yang berasal dari kata "herba"=rumput,"voro"=menelan atau makan.

Tapi apakah kalian tahu asal-usulnya?Baik ini sedikit penjelasan dari sumber yang saya ambil,wikipedia.

Bahasa Latin adalah sebuah bahasa Italik yang berasal dari Latium,sebuah daerah di Italia sekeliling kota Roma yang termasuk dalam rumpun Indo-Eropa.Bahasa ini menjadi penting karena munculnya kekaisaran Romawi dimana bahasa Latin adalah bahasa resminya.Pada puncak kejayaan kerajaan ini,bahasa Latin dituturkan dari pulau Britania di barat laut sampai Palestina di ujung tenggara dengan kata lain menjadi bahasa Internasional.

Setelah runtuhnya kekaisaran Romawi,sekitar akhir abad ke-5,bahasa Latin tidak ikut runtuh melainkan semakin berkembang.Bahasa ini dipakai sebagai lingua franca,bahasa liturgis gereja dan bahasa ilmu pengetahuan,bahkan juga daerah-daerah yang tidak pernah ditaklukkan oleh Roma.

Bahasa Latin juga mempunyai turunan yang disebut sebagai sermo vulgaris(bahasa Roman/bahasa Latin Rakyat) yang dituturkan oleh antara lain bala tentara Romawi menjadi pengantar di seluruh daerah kerajaan.Di beberapa tempat bahasa ini bahkan menggantikan bahasa setempat.
Bahkan bahasa Inggris pun sebagian besar diambil dari bahasa latin ini(selain bahasa Yunani Kuno tentunya)

Jadi jika kalian tertarik/berminat terhadap bahasa latin dan ingin mempelajarinya.Silahkan buka situs dibawah ini.
Disitus itu dilengkapi cara pengucapannya,aksen atau tekanan kata,vocabulary serta kamus Latin-Inggrisnya.

So,Selamat mempelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca postingan diatas.Mohon komentarnya disini.Saya akan sangat menghargainya.